Wikipedia

Hasil penelusuran

Minggu, 19 Juni 2016

Harga Dan Spesifikasi Yamaha Aerox 125

 PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengawali musim 2016 dengan start yang cukup impresif. Setelah pekan lalu mereka meluncurkan New Fino 125 Blue Core, kini pabrikan Garpu Tala itu memperkenalkan Yamaha Aerox 125LC yang merupakan produk baru kedua Yamaha di awal tahun 2016. Sebenarnya, nama Aerox sempat luput dari perhatian publik, sebab perhatian penggemar otomotif Tanah Air tersedot oleh rencana kehadiran Yamaha MT-15. Namun bukan Yamaha namanya bila tak membuat kejutan. Jelang pergantian tahun kemarin, justru rumor kehadiran skutik Yamaha Aerox gaungnya terdengar lebih nyaring. Dan pada pertengahan Januari 2016 ini, secara resmi akhirnya PT YIMM meluncurkan Yamaha Aerox 125 LC ke pasaran. Dari namanya saja jelas Aerox bukan skutik sembarangan. Label ‘LC’ yang menyertai namanya jelas menunjukkan bahwa skuter matik terbaru lansiran Yamaha ini akan bernuansa sporty, layaknya New V-ixion Lightning yang juga memiliki label ‘LC 4V’ pada namanya. Yamaha sendiri menyebut bahwa Yamaha Aerox 125 LC ini terinspirasi oleh tim balap Movistar Yamaha MotoGP yang tahun lalu berhasil menguasai ajang balap MotoGP. Apalagi, YIMM kali ini mengusung tagline ‘Life is a Race’ sebagai filosofi Aerox 125LC. So, nuansa sporty khas Yamaha memang kental tertanam pada Yamaha Aerox 125LC ini.

Spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC

Skuter Matik Bergaya Sporty dengan Desain Aerodinamis ala Motor Balap
Untuk segmen pertama ini, pertama kali Rizki akan mengajak Bro and Sis untuk membedah desain eksterior dari Yamaha Aerox 125LC ini. Jika dilihat secara mendetail pada bagian desain eksteriornya, nuansa sporty khas motor balap Yamaha bakal Bro dan Sis temukan pada Aerox. Seperti yang sudah Rizki sempat sampaikan tadi, bahwa Aerox ini bisa dibilang memiliki desain body ‘mix and match’ antara Yamaha GT 125 Eagle Eye dan Yamaha X-Ride. Dari fascia depan, nampak Yamaha Aerox 125LC memiliki karakter lampu utama tajam nan futuristik, khas GT 125. Garis desain headlamp Aerox memiliki konsep runcing dengan paduan lampu berjenis LED. Nuansa desain depan Aerox benar-benar kental bernuansa racing. Apalagi cover dashboard yang dibuat berbentuk segitiga terbalik semakin menambah kesan sporty pada Yamaha Aerox 125 LC ini. Bergerak ke bagian sayapnya, Aerox 125LC juga terlihat nampak begitu futuristik dengan dimensi lebar dan terdapat lubang ventilasi udara serta winglet layaknya motor balap MotoGP. Untuk body sampingnya, didesain dengan lebih runcing dan tajam. Begitu pula pada sektor buritan Yamaha Aerox 125 LC yang sangat kentara sekali aura Yamaha V-Ixion Advance dengan model stoplamp dan handle bar belakang yang tersembunyi di balik jook. Untuk bagian jok, Aerox 125LC juga menawarkan nuansa racing dengan adanya pembatas posisi duduk layaknya motor balap. Namun meski begitu, desain jok ini tetap mengutamakan kenyaman pengendara. Terakhir untuk bagian muffler atau knalpot, Yamaha Aerox 125LC mempertahankan desain pipa pembuangan gas milik Xeon RC dan GT 125 dengan laburan cat hitam. Konsep ini tak pelak semakin menambah karakter agresif pada Aerox. So, bila melihat garis desain yang ditawarkan Yamaha Aerox 125 LC kali ini, menurut Rizki sudah berhasil tampil dengan cukup baik dan sanggup mewakili aura motor balap yang aerodinamis, fungsional, dan pastinya antimainstream.
Dashboard Futuristik Bernuansa Racing Lengkap dengan Panel Fungsional
Selanjutnya, setelah puas dengan Yamaha Aerox 125 LC pada bagian desain body, Rizki akan mengajak Bro dan Sis untuk menilik salah satu bagian yang terlihat mencolok pada Aerox 125LC ini, yakni di sektor konsol meter alias panel dasboard. Pada bagian yang satu ini, nampaknya Yamaha Aerox 125 LC mengambil konsep dasboard pada Yamaha X-Ride yang memiliki kesan ‘adventure’ berupa handle bar atau setang bergaya naked bike yang berukuran cukup panjang. Selain itu, setang ‘telanjang’ pada Yamaha Aerox 125 LC ini pun juga mirip pada X-Ride. Hal ini pasti menambah kesan maskulin pada skutik yang satu ini. Kemudian, pada konsol meter didesain dengan model membulat, terinspirasi jam digital. Konsol meter pada Yamaha Aerox 125LC diracik tanpa cover, menyerupai sepeda motor naked bike. Pada dashboard ini terdapat beberapa panel instrumen yang tersedia lengkap dan juga informatif, seperti speedometer, odometer, indikator mesin, high beam, flasher, water temperature dan juga indikator bahan bakar yang semuanya disajikan dalam tampilan desain yang futuristik. Semua panel pada dashboard Yamaha Aerox 125 LC pun juga tampak didesain secara harmonis, sehingga mudah terpantau. Sementara itu, demi menjaga estetika, pada frame konsol meter dilabur dengan cat warna hitam dikombinasikan warna kuning pada papan indikator yang membuatnya terlihat lebih mewah dan berkelas. So, Yamaha Aerox 125LC di bagian panel dashboard ini benar-benar terasa nuansa modernnya.
Dimensi Pas Cocok untuk Karakter Jalan yang Mulus Maupun Bergelombang
Sebagai motor yang berjenis skuter matik, faktor kenyamanan merupakan prioritas yang dicari oleh kebanyakan pengguna. Hal ini pulalah yang masih tetap dipertahankan YIMM melalui Yamaha Aerox 125LC ini. Kendati motor ini terlihat cukup sporty dan berdesain agresif, namun untuk kenyamanan masih diutamakan. Terbukti dengan dimensi yang dibawanya, dimana Aerox 125LC memiliki ukuran tubuh cukup kompak dan ramping yakni berkisar 1857 x 742 x 1070 mm. Bobot Yamaha Aerox 125 LC sendiri juga cukup ringan di kelasnya, yakni seberat 102 kg saja. Sementara motor ini juga memiliki ground clearance lumayan tinggi, meskipun tidak setinggi X-Ride, yakni 135 mm. Jadi, jika melihat dimensi yang dibawanya, Yamaha Aerox 125 LC  ini masih sangat nikmat untuk diajak bermanuver di jalanan yang mulus ataupun medan bergelombang. Selain itu, Aerox juga tetap asyik saat diajak menembus jalanan kota yang ramai. Apalagi, jika Bro dan Sis menginginkan sensasi riding berbeda, Yamaha Aerox 125LC menawarkan footpeg khusus di bagian dek tengah. Sehingga dengan adanya piranti ini, Bro dan Sis bisa merasakan ergonomic riding ala motor sport yang nyaman. Kesimpulannya, meskipun berdesain sporty, namun kenyataannya Yamaha Aerox 125 LC memiliki dimensi fisik yang ergonomis, nyaman, dan cocok untuk berkendara jarak dekat maupun jarak jauh.

Suspensi Kokoh Didukung Ban Tapak Lebar Hadirkan Manuver Berkendara Sempurna
Desain body sporty yang dimiliki oleh Yamaha Aerox 125 LC tidak lepas dari dukungan suspensi dan juga spesifikasi kaki-kaki yang turut menunjang penampilannya. Sama seperti varian skuter matik pada umumnya, Aerox 125LC juga masih menawarkan kemudahan berkendara pada penggunanya, selain tentunya performa yang mengedepankan kepraktisan. Untuk menunjang hal tersebut, YIMM menyematkan dukungan suspensi berkualitas khas motor matik Yamaha pada generasi Yamaha Aerox 125 LC ini. Skuter matik bernuansa balap ini membawa rangka jenis underbone yang terkenal kokoh dan kuat dalam menahan beban. Kemudian guna memberikan kenyamanan bagi pengendara serta pembonceng, Yamaha Aerox 125LC juga dibekali dengan sistem supsensi depan berjenis teleskopik, dan suspensi belakang berjenis lengan ayun. Kedua suspensi ini diklaim sudah memiliki tingkat daya redam cukup baik untuk motor bersegmen skuter matik. Sementara demi mengimbangi desain dan performa mesin, kali ini Yamaha Aerox 125 LC mengusung piranti kaki-kaki berupa ukuran ban lebih gambot. Hal ini tentunya untuk menjaga stabilitas berkendara dengan ban depan berukuran 70/90-14 dan ban belakang berukuran 70/100-14. Kedua ban tersebut membalut velg racing berdiameter 14 inci. Sedikit tambahan informasi, yang membuat tampilan Yamaha Aerox 125 LC lebih gagah di bagian kaki-kakinya adalah kehadiran Front Fender dan Fork Protection layaknya motor sport, yang cukup menunjang tampilannya di bagian kaki. Terakhir untuk pengereman, Yamaha Aerox 125LC mengandalkan rem cakram di bagian depan dan drum brake di bagian belakang yang sudah cukup mumpuni untuk mengontrol laju kendaraan.

Mesin SOHC 125cc Berpendingin Cairan Hasilkan Performa Bertenaga
Mewakili genetik balap ala motor MotoGP, maka Yamaha Aerox 125LC pun pastinya mengusung mesin dengan teknologi terbaik guna menghasilkan performa bertenaga. Digadang-gadang akan dijejali mesin berteknologi Blue Core, ternyata Aerox 125LC justru masih membawa platform mesin yang sama dengan Yamaha Xeon 125 atau GT 125 Eagle Eye. Benar sekali, kali ini Yamaha Aerox 125 LC hadir dengan mesin bertipe empat langkah jenis SOHC silinder tunggal. Meski belum mengadaptasi mesin berteknologi Blue Core, namun Yamaha Aerox 125 LC justru sudah menggunakan pendingin cairan atau liquid cooled. Hal ini tentu akan membuat suhu mesin pada Aerox menjadi lebih terjaga. Aerox pun menjadi skutik pertama produksi YIMM yang menggunakan mesin berpendingin cairan. Lalu, mesin pada Yamaha Aerox 125LC pun diklaim sanggup menghasilkan power maksimum sampai 8,4 kw pada putaran 9.000 rpm, dengan torsi puncak sampai 10,4 Nm pada putaran 6.500 rpm. Jika ditilik dari kalkulasi performa mesinnya, Aerox 125LC merupakan skutik dengan tenaga paling powerful di kelasnya. Mesin pada Yamaha Aerox 125 LC sendiri memang memiliki karakteristik berbeda dengan mesin Blue Core, dimana mesin Blue Core memiliki keseimbangan dari segi performa dan konsumsi bahan bakar. Sementara mesin pada Aerox 125LC justru memiliki optimalisasi pada sektor performa yang lebih beringas. Hal tersebut menurut YIMM karena Yamaha Aerox 125LC untuk kali ini lebih fokus pada segmen pria yang menyukai motor berperforma maksimal. Namun untuk mesinnya sendiri, menurut Saya juga tidak terlalu boros bahan bakar karena sudah mengusung sistem suplai bahan bakar Fuel Injection. Sementara layaknya motor generasi baru lainnya,  Yamaha Aerox 125 LC untuk komponen mesinnya juga telah mengadopsi teknologi mutakhir, berupa Forged Piston dan juga DiASil Cylinder yang akan mereduksi gesekan antar komponen pada ruang mesin.

Fitur Pendukung Lengkap Khas Skuter Matik Masa Kini
Tibalah pembahasan Rizki untuk spesifikasi Yamaha Aerox 125LC di bagian terakhir, yakni fitur penunjang. Nah kali ini, layaknya motor skutk lainnya, Aerox 125LC juga menawarkan nilai lebih lewat fitur penunjang yang dimilikinya. Pada motor bergaya sport-matic yang satu ini, Bro dan Sis tetap bisa menjumpai segudang fitur berkelas layaknya motor premium. Untuk fitur kenyamanannya, jok pada Yamaha Aerox 125 LC pun dibuat bertingkat, serta ada benjolan pada bagian penumpang atau pemboncengnya. Desain jok khas motor sport ini berfungsi untuk menahan tubuh pembonceng agar tidak merosot ke depan. Kemudian ada pula bagasi luas yang bisa digunakan untuk menyimpan helm half face. Lantas demi menunjang kenyamanan berkendara, Yamaha Aerox 125LC juga menawarkan tiga position riding yang bisa dipilih oleh pengguna, yakni Racing Style untuk berkendara model balap, Top Performance untuk model berkendara performa maksimal, dan Agile Manuver untuk manuver lebih lincah. Sementara untuk fitur keamanan, Yamaha Aerox 125 LC juga sudah dibekali dengan ragam fitur modern dan fungsional, seperti smart side stand switch dan juga smart key shutter.

Spesifikasi Yamaha Aerox 125 LC

Mesin
  • Tipe : Liquid cooled, 4-stroke, SOHC
  • Jumlah/Posisi Silinder : Silinder Tunggal
  • Diameter x Langkah : 52,4 mm x 57,9 mm
  • Kubikasi : 125 cc
  • Perbandingan Kompresi : 10,4: 1
  • Daya Maks : 8,4 kW /9.000 rpm
  • Torsi Maks : 10,4 Nm /6.500 rpm
  • Sistem starter : Electric / Kick Starter
  • Sistem Pelumasan : Basah
  • Kapasitas Oli :0,8 Liter
  • Sistem Bahan Bakar : Fuel Injection System
  • Tipe Kopling : Kering, sentrifugal
Dimensi
  • PxLxT : 1857 mm x 742 mm x 1070 mm
  • Jarah sumbu roda : 1265 mm
  • Jarak ke tanah : 135 mm
  • Tinggi tempat duduk : 760 mm
  • Berat isi : 102 kg
  • Kapasitas Tangki Bensin : 3,8 Liter
Suspensi / Kaki-Kaki
  • Chasis : Underbone
  • Suspensi Depan : teleskopik
  • Suspensi Belakang : unit swing
  • Ukuran Ban Depan : 70/90-14
  • Ukuran Ban Belakang :100/70-14
  • Tipe Rem Depan : Cakram
  • Tipe Rem Belakang : Tromol
Kelistrikan
  • Sistem Pengapian : TCI
  • Battery : YUASA/YTZ5S
  • Tipe Busi : NGK/CR7E

Harga Yamaha Aerox 125

Harga Yamaha Aerox 125 LC
Rp 18.200.000,- 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar