Wikipedia

Hasil penelusuran

Jumat, 03 Juni 2016

Harga Dan Spesifikasi Datsun Go+


Hanya butuh satu tahun bagi Datsun setelah vakum berpuluh-puluh tahun untuk kembali menancapkan prestasi gemilangnya di pasar otomotif Tanah Air. Nyaris tiga dekade, Datsun mati suri di pasar Indonesia hingga kemudian pada tahun 2012 memutuskan untuk comeback. Kehadiran pabrikan yang masih berada di bawah bendera Nissan Motor itu turut meramaikan tren LCGC di Indonesia lewat dua unit mobil terbaru sekaligus, yaitu Datsun GO+ (Plus) dan Datsun GO Panca atau yang lebih dikenal dengan GO hatchback. Setelah satu tahun diluncurkan, salah satu LCGC yang juga menjadi ujung tombak penjualan Datsun Indonesia, yakni Datsun GO+, berhasil mencatatkan penjualan positif dengan angka lebih dari 100.000 unit secara global hanya dalam kurun 1 tahun saja. Hal yang mendasari penjualan Datsun GO Plus cukup moncer baik di dalam negeri ataupun di luar negeri karena meskipun menyasar segmentasi LCGC atau low MPV, namun mobil ini menawarkan kabin lapang layaknya MPV kelas menengah. Strategi yang dilakukan Datsun memang cukup cerdik. Berkat strateginya tersebut, bisa dibilang Datsun GO+ adalah pelopor LCGC bersegmen small MPV tiga baris. Meskipun secara teknis Datsun GO Plus ini masih mengusung basis yang sama dengan LCGC berjenis hatchback, namun dengan kabin lebih luas tentu akan memberikan sensasi berkendara lebih lega.
Pertama kali hadir, Datsun GO+ menjadi satu-satunya LCGC yang menawarkan kabin setara dengan small MPV di mana pada saat itu LCGC didominasi oleh hatchback berkonsep city car. Banyak diragukan karena kemampuannya belum teruji betul, akhirnya Datsun GO Plus justru cepat meraih popularitas di dalam negeri berkat nama besar Nissan dan kehandalan mobil yang cukup menjanjikan. Kedatangan Datsun GO+ sendiri di Indonesia memberikan alternatif yang pas untuk keluarga kecil yang menginginkan mobil keluarga dengan harga kompetitif. Berbekal spesifikasi mesin 1.2L yang menjamin performa bertenaga dan tetap irit konsumsi bahan bakar, varian LCGC tiga baris ini juga merupakan tipe mobil yang mudah dalam hal perawatan. Selain itu, desain Datsun GO+ yang simple dan minimalis juga membuat mobil ini cepat disukai konsumen. Sedangkan untuk interior sendiri sudah dibuktikan kualitasnya, meskipun fitur interior tak selengkap medium MPV lainnya. Lantas yang menjadi kelebihan selanjutnya dari Datsun GO Plus ini adalah, mobil ini sudah dilengkapi dengan penerapan teknologi terbaru Datsun. Seperti misalnya pedal akselerator elektronik, suspensi poros ganda, drive computer dan speed sensitive electric power steering yang menjamin kenyamanan maksimal untuk pengendara. Tak berhenti sampai di sini saja, ternyata masih banyak kelebihan lain yang ditawarkan dari Datsun GO+ ini. Nah untuk lebih jelasnya, Rizki sudah menyiapkan ulasan lengkap mengenai detail spesifikasi dan harga Datsun GO+ pada segmen-segmen berikut ini.

Spesifikasi Datsun GO+

Low MPV dengan Desain Bodi Minimalis yang Cocok untuk Keluarga Indonesia
Secara kasat mata, desain eksterior dari spesifikasi Datsun GO+ ini tak jauh berbeda dengan Datsun GO Panca yang merupakan jenis hatchback. Namun untuk tipe mobil keluarga yang satu ini dibuat lebih panjang dengan konsep small MPV. Secara keseluruhannya, garis body hampir mirip dengan Nissan Grand Livina. Namun untuk Datsun GO Plus dirancang lebih kompak. Mobil ini menawarkan desain depan yang bagus lewat penerapan headlamp heksagonal berjenis halogen yang sanggup memberikan penerangan maksimal ketika berkendara di malam hari. Kemudian pada bagian grill depan juga desain hampir sama dengan Datsun GO Panca dengan konsep grull D-Cut berkontur honeycomb dengan bingkai krom untuk memberikan kesan elegan. Lantas pada bagian bumper depan Datsun GO+ juga menampilkan desain berkelas lewat siluet tiga dimensi. Beralih pada body samping, desain mobil ini identik dengan mobil low MPV lainnya yang tanpa banyak garis tajam, namun tetap kelihatan sporty lewat desain kaca menyempit dari depan ke belakang. Lantas untuk bagian buritannya sendiri, Datsun GO+ menawarkan desain dinamis lewat perpaduan body belakang yang dibuat melengkung dengan stoplamp persegi yang kompak mengikuti alur body secara keseluruhan. Desain body belakang juga semakin manis berkat penerapan roof spoiler dan body yang dibuat menjorok ke belakang serta bumper yang dikonsep landai. Umunya desain eksterior dari spesifikasi Datsun GO Plus ini memang cukup modis serta mampu menampilkan aura mobil yang fungsional sebagai kendaraan masa kini.

Desain Interior Minimalis Tetap Berikan Kenyamanan Saat Berkendara
Puas membedah sisi eksterior, saatnya Rizki mengulas spesifikasi Datsun GO+ untuk bagian interiornya. Nah untuk bagian interiornya sendiri tak jauh berbeda dengan Datsun GO versi hatchback, di mana kedua mobil ini mengusung material yang sepadan serta desain dashboard yang identik. Mulai dari dashboard yang didominasi warna abu-abu, kemudian panel instrumennya minimalis pada umumnya dan hanya terdapat panel audio standar. Desain dashboard Datsun GO+ sendiri lebih ringkas berkat penempatan tuas persneling yang menyatu pada dashboard depan. Setir kemudi juga sangat mirip dengan Datsun GO Panca di mana tak ada tombol penunjang speedometer atraktif, namun tetap memiliki cluster AC yang dapat diputar. Untuk joknya sendiri, material jok yang ada pada Datsun GO Plus ini cukup baik, dengan aksen mirip jok kulit namun berbeda detailnya. Lantas untuk kabinnya sendiri dirancang lebih lega dibandingkan dengan Datsun GO di mana pada Datsun GO+ ini memiliki kursi ketiga yang bisa dilipat sebagai tambahan bagasi yang sanggup menampung barang bawaan anda hingga maksimal 347 liter (apabila kursi baris ketiga dilipat). Secara keseluruhan, Datsun GO+ menawarkan kabin minimalis namun dijamin memberikan kenyamanan ekstra untuk penumpang berkat penerapan kursi depan terhubung serta ruang kepala yang dirancang lebih lebar. Idealnya, jika melihat spesifikasi Datsun GO Plus pada bagian kabin dan interior, mobil ini sanggup menampung hingga 7 orang penumpang dengan catatan kabin ketiga bisa dihuni oleh dua orang anak-anak dengan tinggi kurang dari 150 cm.

Low MPV Tiga Baris dengan Dimensi Kompak Didukung Suspensi Berkualitas

Bergerak pada sektor dimensi, untuk kategori LCGC bisa dibilang spesifikasi Datsun GO+ sudah cukup pas di mana mobil ini dirancang sebagai kendaraan dalam kota atau kendaraan penunjang mobilitas harian. Maka untuk mengakomodasi hal tersebut, pastinya Datsun GO+ dikonsep memiliki dimensi kompak meskipun berkategori small MPV. Desain kompak tersebut bisa kita lihat dari ukurannya yang mencakup panjang body 3.995 mm, lebar mobil 1.635, serta tinggi mobil yang hanya berkisar pada 1.490 mm. Melihat dimensinya, jelas mobil ini asyik untuk diajak bermanuver di jalan raya, apalagi memiliki radius putar cukup rendah, yakni 4,6 m saja. Datsun GO+ juga masih sanggup diajak melesat di jalanan yang kurang rata karena catatan ground clearance-nya cukup tinggi, mencapai 170 mm. Stabilitas mobil ini juga semakin mantap berkat kehadiran teknologi Electronic Power Steering dengan Speed Sensitive, namun hanya untuk Datsun GO Plus tipe T Option dan T Style. Untuk dukungan stabilitas berkendara lainnya, kemampuan mobil ini juga tidak perlu diragukan lagi karena Datsun GO+ sudah dibekali dengan sistem suspensi berporos ganda yang disempurnakan oleh suspensi depan bertipe McPherson Strut dengan per keong, serta suspensi belakang menggunakan Torsion Beam. Untuk mengontrol traksi, Datsun GO+ juga sudah dijejali dengan rem depan berjenis disk berventilasi, serta rem belakang berjenis drum. Sedangkan pada bagian kaki-kakinya, spesifikasi Datsun GO Plus dibekali dengan velg berdiameter 13 inci dibalut ban berukuran 155/70. Dengan spesifikasi di atas, maka bisa dipastikan anda akan menemukan sensasi berkendara yang stabil.
Mesin 1.200 cc Hadirkan Performa Bertenaga dan Tetap Irit Konsumsi BBM

Tibalah pada pembahasan pada bagian jantung dapur pacu dari spesifikasi Datsun GO+ ini. Secara teknis, spesifikasi mesin mobil ini memang masih menggunakan basis mesin yang sama dengan saudara kandungnya, yakni Datsun GO Panca hatchback. Kali ini, Datsun GO+ tetap mengandalkan mesin seri HR12DE yang juga masih merupakan platform mesin dari Nissan March. Nama Nissan March sendiri dikenal publik sebagai salah satu city car yang memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang cukup irit, selain tentunya performa mesin yang juga bertenaga. Nah, konsep itu jugalah yang diterapkan pada Datsun GO+ ini. Sama seperti varian GO Panca, mobil ini masih dijejali dengan mesin DOHC 3 silinder yang memiliki kapasitas 1198 cc. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 50 KW pada putaran mesin 6000 rpm dan torsi sebesar 104 NM pada putaran mesin 4000 rpm. Tenaga yang ada pada Datsun GO Plus ini memang sedikit dibawah versi GO Panca. Hal ini karena mobil ini memang memiliki dimensi yang lebih besar. Sementara itu untuk penyaluran bahan bakarnya, mobil ini sudah menggunakan sistem Fuel Injection. Penggunaan sistem pengabutan bahan bakar injeksi tersebut akan membuat Datsun GO+ menjadi lebih irit bahan bakar. Dari beberapa pengujian, mobil ini diklaim sanggup melesat dengan kecepatan maksimum 155 km/jam. Selain itu, sama seperti Datsun GO Panca, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi pedal elektrik untuk memaksimalkan efisiensi bahan bakar serta menjaga umur pemakaian mesin lebih lama. Untuk transmisi penggeraknya sendiri, spesifikasi Datsun GO Plus yang tersedia di pasar Indonesia semuanya masih mengusung transmisi manual 5 percepatan.
Fitur Keselamatan dan Kenyamanan Sesuai Standar
Di segmen terakhir ini, Rizki akan membahas spesifikasi Datsun GO+ untuk fitur penunjang keselamatan, keamanan serta kenyamanan. Dimulai dari fitur keselamatan, sama seperti Datsun GO Panca, mobil ini juga sudah dilengkapi dengan fitur penunjang keselamatan standar seperti Drive-side Airbag plus Pretensioner Seatbelt yang tersedia untuk semua tipe. Seatbelt pada Datsun GO+ pun juga sudah terbagi untuk tiap-tiap kabin. Beralih pada sektor kenyamanan, juga sudah tersedia bermacam fitur penunjang kenyamanan, seperti Drive Computer, Digital Tachometer, Gear Shift Guide, Intelligent Whiping System, serta Parking Sensors yang melengkapi fitur pada Datsun GO Plus tipe T Option dan T Style. Kemudian ada juga fitur Mobile Docking Station yang tersedia untuk tipe T Option dan T Style. Sedangkan fitur multimedianya sendiri terdapat 1 Din Audio with Aux Jack, USB, serta active speakers di mana perbedaannya meliputi JVC Audio System untuk Datsun GO+ tipe T Style dan T Option saja. Sementara MDS Audio juga sudah tersedia untuk semua tipe GO+ yang bertipe low MPV ini. Selain itu, pada semua tipe Datsun GO+ juga sudah disediakan AC manual yang cukup memberikan kesejukan di dalam kabin. Lantas tak lupa pula mobil ini sudah dibekali dengan fitur keamanan standar mobil modern, mulai dari Immobilizer, Central Door Lock, serta Keyless Entry lengkap dengan alarm. Namun sayangnya, semua fitur tersebut hanya tersedia untuk spesifikasi Datsun GO Plus tipe T Option dan T Style.
Datsun GO+
Mesin
Seri MesinHR12DE
Kapasitas Isi Silender (cc)1,198
Tenaga Maksimal (PS/rpm)50/5000
Torsi Maksimal (Nm/rpm)104/4000
Transmisi5 Speed MT
Dimensi
P x L x T (mm)3955 x 1635 x 1490
Jarak Sumbu Roda (mm)2,450
Jarak Radius Putar (m)4.6
Jarak Terendah ke Tanah (mm)170
Berat Kosong (kg)812
Steering
Tipe SteeringPower Steering
Pengereman
Rem DepanDisc
Rem BelakangDrum
Suspensi
Suspensi DepanMc Pherson Strut with Coil Spring
Suspensi BelakangTorsion Beam
Kaki-kaki
Ukuran Ban155/70 R13
Ukuran Velg13 inches

Harga Datsun GO+

Setelah puas membahas spesifikasi pada setiap sektornya, mulai dari desain fisik, interior, hingga performa, maka kini saatnya kita membahas mengenai kisaran harga Datsun GO+ ini. Sama seperti biasanya, sebelum kita membahas harga, maka kita akan melihat dulu gambaran detail spesifikasi dari Datsun GO+ secara umum. Hadir pertama kali di Indonesia, mobil ini memang menawarkan sesuatu yang berbeda di segmen kendaraan LCGC di mana saat itu Toyota dan Daihatsu masih berfokus memilih segmen low MPV serta small hatchback. Namun Datsun yang notabene belum dikenal masyarakat malah hadir dengan membawa LCGC berkonsep low MPV untuk menemani Datsun GO Panca yang bertarung di segmen hatchback. Stratregi jitu pula juga diusung oleh Datsun dengan mematok harga Datsun GO Plus yang tak terlalu mahal. Meski merupakan varian “mobil murah”, namun spesifikasi teknis mobil lansiran Datsun ini jelas tak bisa dipandang sebelah mata. Dengan bekal mesin paling besar di kelasnya, yakni 1.200 cc, serta dukungan Nissan sebagai ATPM, membuat mobil ini semakin diminati masyarakat. Selain itu, lewat desainnya yang modern dan stylish serta fitur-fitur interior yang cukup mumpuni, membuat mobil ini layak masuk sebagai daftar mobil pilihan keluarga Indonesia.
Harga Datsun GO+
TipeHarga
Datsun GO+ Panca A 1.2L M/TRp. 95,600,000,-
Datsun GO+ Panca A Option 1.2L M/TRp. 96,300,000,-
Datsun GO+ Panca D 1.2L M/TRp. 87,900,000,-
Datsun GO+ Panca T 1.2L M/TRp. 103,000,000,-
Datsun GO+ Panca T Option 1.2L M/TRp. 102,900,000,-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar