Sama seperti di Indonesia, pangsa pasar motor sport kelas menengah di India memang sangat kompetitif. Permintaan publik otomotif India pada motor sport kelas pemula juga cukup tinggi. Sebagai pabrikan lokal, Bajaj menguasai lebih dari 50% pasar otomotif di negaranya Shah Rukh Khan tersebut. Jadi jangan heran bila di sana “kuda sesi” Bajaj lebih dominan daripada motor rilisan pabrikan luar macam Yamaha atau Honda. Nah, dengan menghadirkan Bajaj Pulsar RS200 ini, Bajaj memang menyiapkan penantang untuk Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R. Meski kedatangannya ke Indonesia belum terwujud, publik sudah dibuat penasaran dengan penampilan Bajaj Pulsar RS200 yang banyak muncul di portal YouTube. Seakan memanfaatkan tensi tinggi persaingan motor sport kelas menengah, yang sudah diramaikan perang R15 vs CBR150R, Bajaj Pulsar RS200 seperti memberikan opsi lain bagi mereka para penggila kecepatan. Masih mengandalkan mesin DTS-i, yang sudah seperti mesin paten bagi Bajaj, kali ini Bajaj Pulsar RS200 malah semakin “gila” dengan penyematan Triple Spark Technology alias ditanami dengan tiga busi. Semakin penasaran dengan motor dari India ini? Mas Sena sudah menyiapkan ulasan mengenai spesifikasi dan harga Bajaj Pulsar RS200 pada segmen-segmen di bawah ini.
Spesifikasi Bajaj Pulsar RS200
Desain Full Fairing yang Agresif dan Sporty
Baiklah, kita mulai dari sektor desain luar dari Bajaj Pulsar RS200 ini. Berbeda dengan Pulsar 200 NS yang merupakan naked motor sport alias tanpa fairing, kali ini generasi penerus Pulsar terbaru ini hadir dengan balutan fairing yang memiliki desain agresif dan semakin menguatkan aura “racing”-nya. Berbeda dengan desain konvensional motor sport entry level lainnya, Bajaj Pulsar RS200 hadir dengan desain lampu depan bulat lengkap dengan Dual LED Projector. Dengan dua buah lampu terpisah, cahaya yang dipancarkan motor ini mampu bersinar terang di kegelapan, namun tak akan mengganggu kendaraan dari lawan arah. Bajaj menyebut desain lampu pada Bajaj Pulsar RS200 dengan sebutan “Devil Eyes”. Saat lampunya menyala di kegelapan, tampang Pulsar RS ini memang seolah-olah nampak seperti sosok yang sedang memberikan tatapan mata tajam. Berpindah ke sisi aerodinamis, lekukan pada fairing dan sekujur tubuh Bajaj Pulsar RS200 ini memang sangat presisi dan disesuaikan dengan alur angin saat motor ini melaju kencang. Lalu pada sisi kemudinya, Pulsar terbaru ini mengadopsi stang model jepit namun dengan posisi tak terlalu membungkuk. Sektor kemudi yang ergonomis ini memberikan kenyamanan bagi pengendara saat melaju kencang di jalanan. Pada bagian buritan, Bajaj Pulsar RS200 tampil dengan aksen jok model single seater yang kental pada motor balap. Namun jangan khawatir, jok tunggal tersebut hanya aksen saja. Motor ini tetap bisa digunakan untuk berboncengan. Sebagai penyempurna spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 di sektor desain, disematkanlah Crystal LED Tail Lamps di sektor lampu belakangnya.
Digital Speedometer dengan Desain Fituristik
Pada Bajaj Pulsar RS200 selanjutnya, kita akan melihat tampilan display speedometer yang menjadi acuan bagi pengendara untuk mengontrol laju kendaraannya. Generasi terbaru Pulsar ini memiliki dua jenis speedometer, yaitu analog dan digital. Penampilan speedometer pada Bajaj Pulsar RS200 semakin menguatkan aura sporty yang ditambah dengan desain fituristik. Display-nya juga sangat user friendly, dimana speedometer ini dibagi menjadi 3 cluster. Yang pertama adalah panel penunjuk RPM, kemudian yang kedua, ada penunjuk indikator bahan bakar yang tersedia di tangki dan juga dilengkapi dengan penunjuk fungsi rem ABS (pada varian Pulsar RS 200 ABS), lalu yang ketiga adalah cluster yang diisi dengan kondisi gigi persneling, sistem kelistrikan, dan juga penunjuk suhu motor, serta indikator Fuel Injection. Dengan berbagai indikator atau panel yang diberikan pada Bajaj Pulsar RS200 ini tentu akan memberikan kenyamanan dan keamanan saat berkendara, karena speedometer ini tergolong sangat lengkap untuk jenis motor sport saat ini. Tidak hanya itu, untuk memberikan informasi agar pengendara harus mengganti gigi pada batas aman RPM, maka Bajaj Pulsar RS200 juga dilengkapi dengan lampu ‘Shift UP Gear’ diatas speedometer-nya. Menariknya lagi, fitur yang ada pada spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 ini, pada bagian bawah speedometer terdapat dua tombol mode mengemudi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan berkendara sewaktu-waktu. Ingin mode irit atau kencang, Bro tinggal memilihnya.
Bobot Lumayan Berat meski Dimensi Ramping
Sebagai motor sport, Bajaj Pulsar RS200 ini ternyata memiliki massa yang tergolong berat. Dengan bobot kosong yang mencapai 165 kg, varian Pulsar terbaru ini bahkan memiliki massa yang hampir seimbang dengan motor sport 250cc. Meski bobotnya lumayan berat, namun Bajaj Pulsar RS200 mamiliki ukuran dimensi yang cukup ramping. Motor ini memiliki dimensi 1999 x 765 x 1114 mm dengan wheel base 1355 mm dan memiliki ground clearance 157 mm. Dengan dimensi tersebut, Bajaj Pulsar RS200 tetap stabil saat digunakan untuk bermanuver atau “nyelip-nyelip” di jalanan perkotaan. Dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 13, membuat Bajaj Pulsar RS200 mampu menempuh perjalanan hingga ratusan kilometer pada satu kali pengisian bahan bakar secara penuh. liter dirasa tergolong sudah cukup banyak untuk menyuplai perjalanan jarak jauh. Cukup irit untuk motor yang memiliki kapasitas mesin 200cc. Sebagai penyeimbang massa yang cukup berat tadi, spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 dibangun menggunakan Perimeter Frame yang ringan namun kokoh.
Kaki-kaki Kokoh dengan Nitrox Mono Suspension
Berpindah ke Bajaj Pulsar RS200 di sektor kaki-kaki. Pulsar generasi terbaru ini memiliki kaki-kaki kokoh dengan ukuran ban depan sebesar 100/80, dan ban belakang berukuran 130/70. Kedua roda ini bertumpu pada velg berukuran 17 inci yang memang pas untuk diameter roda motor sport. Untuk sistem suspensinya, Bajaj Pulsar RS200 mengadopsi sistem suspensi teleskopik yang dilengkapi dengan fitur Anti Friction Bush pada suspensi bagian depannya. Sedangkan suspensi Bajaj Pulsar RS200 pada bagian belakang menggunakan teknologi Nitrox Mono Shock Absorber with Canister yang mampu meredam goncangan dengan baik serta memberikan kemampuan handling yang prima. Lalu, pada sistem pengeremannya, motor ini memiliki jenis pengereman single disc brake berukuran 300 mm pada sisi depan, dan jenis disc brake berukuran 230 mm pada sisi belakangnya. Sistem pengereman pada Bajaj Pulsar RS200 ini akan memberikan fungsi pengereman maksimal pada saat dibutuhkan. Nah, sistem pengereman pada Bajaj Pulsar RS200 sendiri tersedia dalam dua pilihan. Pulsar RS 200 tersedia dalam tipe ABS dan Non ABS.
Dapur Pacu Triple Spark Technology yang Dijamin Gahar
Sekarang, kita akan membahas Bajaj Pulsar RS200 di sektor dapur pacu yang merupakan area paling “menarik” untuk di korek isinya. Yak! Membedah mesin motor Bajaj memang selalu mengasyikkan, termasuk Bajaj Pulsar RS200 ini. Bagaimana tidak, motor ini memiliki mesin 4 langkah berteknologi SOHC 4 katup dengan kubikasi mesin sebesar 199.5 cc. Mesin tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal mencapai 24.5 PS pada putaran 9.750 RPM dengan torsi maksimum mencapai 18.6 NM pada 8.000 RPM. Yang paling menarik, tentu saja penyematan Triple Spark Technology yang ditanamkan pada Bajaj Pulsar RS200 ini. Dengan teknologi tiga busi tersebut, pembakaran dalam ruang dapur pacu motor ini dipastikan akan sangat sempurna dan mampu menghasilkan tenaga maksimal. Mesin tersebut digerakkan dengan transmisi manual 6 percepatan. Dengan tenaga yang tergolong besar tersebut, Bajaj Pulsar RS200 mampu meraih kecepatan maksimal mencapai 140.8 km/jam. Hal menarik lagi, jika pada varian sebelumnya masih menggunakan mesin konvensional dengan karburator, maka spesifikasi Bajaj Pulsar RS200 ini hadir dengan teknologi Fuel Injection yang akan membuat mesinnya mampu berlari lebih kencang namun tetap irit bahan bakar.
Fitur Canggih dan Modern
Pada ulasan Bajaj Pulsar RS200 bagian penutup ini, Rizki akan membahas fitur apa saja yang ada pada motor baru asal India ini. Dari desain luarnya, motor ini memang nampak agresif dengan Dual LED Projector pada lampu depan dan juga Crystal Tail Lights pada bagian belakangnya. Hal ini masih diperkuat dengan konsep rangka jenis Pressed Steel Perimeter Beam Section Frame yang membuat Bajaj Pulsar RS200 semakin gagah dan elegan. Selain itu, untuk mengatasi mesin cepat overheat, Bajaj menanamkan Liquid Cooling System sebagai pendingin mesinnya. Dengan pendingin cair ini, kondisi mesin Bajaj Pulsar RS200 akan tetap terjaga meski sedang dipacu dengan kecepatan tinggi. Selanjutnya, untuk menjamin keamanan, ditanamkanlah sistem pengereman ABS (Anti-lock Brake System) yang mana dapat mencegah terjadinya ban mengunci pada saat melakukan pengereman keras mendadak. Namun, Bajaj Pulsar RS200 juga tersedia dalam varian Non ABS. Fitur canggih yang menjadi bagian dari Bajaj Pulsar RS200 selanjutnya adalah Race Exhaust pada bagian knalpotnya. Teknologi ini akan menyempurnakan gas buang yang dihasilkan oleh mesin Pulsar RS 200.
HARGA BAJAJ PULSAR RS200
Harga Bajaj Pulsar Rs200
| |
Tipe | Harga |
Pulsar Rs200 NON ABS | Rp. 26.739.000 |
Pulsar Rs200 ABS | Rp. 29.382.000 |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar